Tuesday, May 4, 2010

Menyimpan setting Process Priority di Windows Task Manager

Seberapa sering kita melakukan perubahan setting process priority?
Begitu seringnya sampai harus melakukan berulang-ulang setiap kali aplikasi yang ingin di set prioritynya di buka.


Lalu apa gunanya nyetting priority di tiap aplikasi? yah kalo ditanya gitu jawabnya yah penting gak penting sih. Cuman untuk pemerhati CPU Performance, lumayan nih settingan kalo bisa di save dan dijadiin default priority.


Dimana kita bisa lihat setting priority?
Klik kanan di taskbar lalu pilih Task manager. Default bawaan Windows akan set ke Normal base Priority.

Nah singkatnya.. kalo cuman WinAmp atau aplikasi ringan pemutar Mp3 lainnya..buat apa diset normal cukup set ke Low untuk menghemat konsumsi CPU.
Kali ini dengan melakukan instalasi software tambahan yang freeware yaitu Prio
Bisa di download di alamat http://www.prnwatch.com/download.html





Terus yang dimaksud Priority Task itu apa yah ?
Windows adalah sistem multitasking. Ini berarti bahwa banyak berbagai aplikasi yang berjalan secara simultan di dalamnya. Anda langsung bekerja dengan beberapa dari mereka, tetapi beberapa dari mereka bekerja tanpa terlihat dan independen. Prioritas aplikasi adalah parameter yang memberitahu sistem tugas yang memiliki prioritas di atas tugas-tugas lainnya. Misalnya, jika ada dua program yang berjalan secara simultan dan dengan prioritas yang sama, mereka akan memiliki saham yang sama dari waktu prosesor. Tetapi jika Anda menetapkan prioritas tinggi untuk salah satu dari mereka, program yang memiliki prioritas lebih tinggi akan menggunakan semua waktu prosesor bebas sementara satu dengan prioritas yang lebih rendah hanya akan menggunakan sisanya. Misalnya, jika Anda memiliki aplikasi untuk membuat klip video yang berjalan pada komputer Anda, ia akan menggunakan waktu prosesor bebas berbagi sama dengan, katakanlah, Explorer. Ini akan menghasilkan Explorer bekerja terputus-putus ... Namun, jika Anda menetapkan prioritas yang lebih rendah untuk membuat program, maka hanya akan menggunakan waktu yang Explorer tidak perlu. Explorer akan bekerja lebih baik dan lebih cepat. Hal ini juga nyaman untuk menetapkan prioritas tinggi untuk pemain multimedia - pemutaran akan halus. Jika Anda memiliki beberapa layanan database yang berjalan di komputer Anda, hal ini berguna untuk menetapkan prioritas yang lebih rendah untuk itu sehingga tidak mengganggu pekerjaan orang-aplikasi yang Anda gunakan saat ini. Anda dapat mengubah prioritas proses pada tab Proses Task Manager. Prio secara otomatis mendeteksi perubahan dalam prioritas dan menyimpannya dalam pengaturannya. Lain kali Anda menjalankan aplikasi ini, prioritas akan dikembalikan.

Selain dari seting prio ada beberapa informasi lagi yang bisa didapatkan dengan aplikasi Prio ini yaitu TCP/IP dimana kita bisa melihat Process apa yang menggunakan sumberdaya jaringan, baik itu dari proces received dan sent juga speedin dan speedout.

Jadi kesimpulannya, gunakanlah resource CPU se-efisien mungkin untuk meningkatkan performance PC secara umum.

1 comment: