Wednesday, June 23, 2010

Kill User Login di SQL Server 2005

Oleh Achmad Faisol


Sebagaimana lazimnya sebuah database server, kita bisa memonitor aktivitas user yang sedang login dan melakukan pekerjaan di SQL Server 2005.

Ada kalanya, seorang user melakukan sesuatu yang akhirnya membuat server berat, missal pemakaian CPU atau memory. Untuk mengetahui aktivitas user, kita bisa memonitor lewat SQL Profiler.

1. Start -> All Programs -> Microsoft SQL Server 2005 à Performance Tools -> SQL Server Profiler (muncul window SQL Server Profiler).

Menu File -> New Trace (Ctrl+N) -> Login sebagai administrator. Muncul window Trace Properties. Isikan data sebagai berikut:

Di tab General -> Trace name: monitor userDi tab Events Selection -> pilih (centang) HANYA event Audit Login dan SQL:BatchStarting (ini hanya sebagai contoh, jadi boleh juga yang lain dipilih)



Lalu klik tombol “Run”


2. Buka Command Prompt, konek ke SQL Server menggunakan osql. Misal nama user “gina” password “gina2010”

C:\> osql –Ugina –Pgina2010
1> use sistra
2> go
3> select * from instruktur

4> go




3. Lihat di SQL Profiler, aktivitas user gina terekam semua





4. Login di SQL Server Management Studio sebagai sysadmin

Aktivitas user gina bisa juga dilihat dengan command di Query (walaupun tidak sedetail SQL Profiler):

use master
go

sp_who





Bila ternyata aktivitas user gina membuat server berjalan lambat, kita sebagai DBA bisa memaksa user gina untuk logout (kill user connection). Caranya dengan melihat spid user gina = 52 (lewat sp_who atau SQL Profiler), lalu ketik di Query

use master
go
kill 52

Setelah di-kill, maka user gina tidak bisa lagi melakukan perintah SQL. Bila dicoba melakukan perintah SQL (di window Command Prompt "osql"), akan muncul error sbb:

[SQL Native Client]Shared Memory Provider: No process is on the other end of
the pipe.[SQL Native Client]Communication link failure




3 comments:

  1. 39. Database Anda bernama DB1 adalah salah satu dari 15 database terletak di komputer SQL Server 2005 yang bernama SQL1. Baru-baru ini, pengguna yang bekerja dengan laporan DB1 mereka mengalami gangguan dalam mengeksekusi query. Anda ingin memperbanyak dan menganalisa masalah ini dalam sebuah tes yang menampung semua salinan dari pembuatan database. Anda perlu untuk mencatat workload selama satu hari pada SQL1 untuk dieksekusi kemudian di tes server. Anda juga harus memastikan bahwa semua peristiwa dicapture tanpa melewatkan apapun. Apa yang harus Anda lakukan?

    ReplyDelete
  2. @ jepri mau presentasi ya mas......
    ckckckkckckckckk

    makanya dari kemaren2 kerjain
    ini gak malah maen2 ke lembang

    ckckckckkk
    piece brow

    ReplyDelete
  3. wkwkwkwkwk ,,,
    mas waies ojo ke susu .
    woke .
    haaa

    ReplyDelete